PAMERAN DI JCC
Pada
hal ini yang akan di bahas adalah tentang sistem geografis sosial pada suatu kawasan
bisnis di Jakarta. Tepatnya adalah di JCC Senayan pada saat saya mengunjungi
pameran indocomtech & motor show 2012. Saya melihat bahwa keadaan bisnis
yang ada disana sangat bersaing dari brand yang katakanlah kurang terkenal
sampai yang memang sudah terkenal itu
ada , dan saling mempromosikan produk-produk terbaru yang di keluarkan oleh merk
pabrikan masing-masing , sesuai dengan perusahaan itu sendiri.
Dalam hal ini konsumen
sebagai pembeli dan produsen sebagai yang menawarkan barang-barang kepada
konsumen sangat bervariasi harga yang di tawarkan dari yang memang harganya
murah sampai yang termahal itu ada. Apabila suatu stand mereka banyak di
kunjungi oleh calon pembeli dan di jelaskan oleh SPG atau SPB stand tersebut
dan ternyata calon pembeli tertarik kepada barang yang di tawarkan maka akan di
beli oleh calon pembeli, dan pedagang
tersebut pun akan mendapatkan untung yang banyak sekali contohnya saja apabila
sebuah tablet di jual dengan harga 1,8 juta per buah dengan harga beli dari
perusahaan yang hanya 1 juta maka penjual akan mendapatkan untung yang sangat
banyak. Apabila terulang secara terus menerus setiap harinya. Maka akan
bertambah keuntungan yang sangat banyak pada perusahaan dan SPG atau SPB
tersebut. Dan apabila barang yang di tawarkan merknya kurang terkenal tetapi
dengan jumlah barang yang terjual banyak dan kualitasnya hampir sama dengan
merk-merk terkenal lainnya maka merk tersebut akan banyak di cari oleh calon pembeli
yang lainnya. Dan otomatis merk yang belum terkenal tadi bisa menyaingi dengan
merk-merk yang sudah terkenal terlebih dahulu.
Selain itu bagi pihak yang menyewakan gedung untuk
pameran tersebut akan mendapatkan untung yang sangat banyak apabila seluruh
gedung penuh dengan stand-stand penjual.